Jumat, 22 Oktober 2010

BlackBerry Playbook, Rival Berat iPad

Produsen Blackberry, Research In Motion (RIM), meluncurkan komputer tablet besutannya yang diharapkan bisa menyaingi dominasi iPad-nya Apple. Tablet bernama Blackberry Playbook itu, dilengkapi monitor touch screen 7 inci (1024X600) dan dual kamera berkualitas 3 MP (depan) serta 5 MP (samping). Kedua kamera mampu menyajikan tayangan video berkualitas HD (1080 piksel). Alat ini juga dilengkap WiFi dan koneksi Bluetooth, agar bisa tersambung dengan internet atau gadget lain.

Sayangnya, hanya versi Wi-Fi yang baru akan tersedia, sedangkan untuk 3G/4G belum ada. Walau begitu, Playbook masih bisa terhubung dengan jaringan komunikasi, bila disambung dengan perangkat Blackberry lain. Meski lemah dalam komunikasi, soal kinerja, alat berwarna hitam berdimensi 130 mm X 193 mm X 10 mm ini diyakini lebih powerfull dibanding tablet sejenis. Sebab, dengan berat 400 gram, Playbook diotaki prosesor otak ganda (dual-core) berkecepatan 1 GHz dan 1 GB RAM.

Dengan hardware kelas berat, Playbook diyakini bebas menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan (multitasking) dan melakukan video conference. Tak heran, beberapa analis menilai perangkat ini lebih condong untuk keperluan kantoran, dibanding rumahan yang merupakan pangsa pasar iPad.

Pabrikan Kanada ini belum memastikan berapa harga Playbook di pasaran nantinya. Diprediksi, konsumen Amerika bagian utara mulai bisa membelinya pada awal 2011, sementara pasaran global pada semester kedua 2011. Gosipnya sih, harga BB Playbook nantinya bakal dibandrol 4 juta-5jutaan. Wah, siap-siap nabung nih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar