Jumat, 22 Oktober 2010

BlackBerry Torch 9800 – Hape QWERTY Slider Layar Sentuh

Research In Motion (RIM) pada bulan Agustus 2010 lalu merilis BB dengan model lain dari yang lain. BB Torch 9800 itulah namanya adalah hape QWERTY dengan desain slide dan berlayar sentuh TFT kapasitif. Bisa dikatakan, sebenarnya hape² buatan RIM tak ubahnya handset lain. Bahkan jika boleh jujur, dalam hal multimedia ataupun browsing, kinerja BB sebenarnya sudah jauh tertinggal oleh Android ataupun iPhone. Nah, apakah Torch 9800 mampu menjawab semua itu? Rata PenuhHarapan muncul dengan hadirnya touchscreen dan software terbaru BlackBerry OS versi 6.

DESAIN BB Torch 9800 secara keseluruhan bisa dibilang sudah pas dengan segmen yang dibidiknya. Begitu elegan, berkelas dengan casing yang sebagian besar dibalut metal silver dan balutan plastik berteknik doff di bagian punggungnya. Sementara sistem slidernya begitu kokoh dengan mekanisme buka-tutup yang solid. Setelah slider terbuka, maka tampaklah keyboard QWERTY yang mengadopsi pola datar seperti pada Onyx dan Bold 9000. Tombol² ini begitu empuk, sehingga nyaman saat digunakan untuk mengetik cepat. Namun, bagi Anda yang memiliki jempol besar tampaknya akan mengalami sedikit masalah, karena tak ada jarak pemisah diantara huruf² pada keyboard QWERTY BB Torch 9800. Masih dibagian muka, tepatnya dibawah layar terdapat lima jejer tombol akses yang antara lain (dari kiri ke kanan), tombol Panggilan, Menu, tombol Navigasi Arah jenis trackpad optik, dan tombol Tolak. Sekarang kita cek tombol² apa saja yang menempel di sekeliling bodi samping. Di tepi kanan, dari atas ke bawah, ditemukan lubang audio 3,5 mm, volume, dan pintasan kamera. Sementara disisi kiri hanya terdapat port USB. Adapun pada bagian atas terdapat tombol Pengunci dan Mute, dengan dipisahkan sebuah speaker di tengahnya.

LAYAR BB Torch 9800 menggunakan layar sentuh jenis TFT kapasitif berdiagonal 3,2 inci dan beresolusi 320x480 pixel. Sungguh ini bisa dibilang konvensional ditengah hape² premium lain yang kebanyakan sudah beranjak pada tingkat 480x800 pixel. Namun secara visual layar sentuh ini sudah menyajikan interface yang sangat baik. Tingkat kontras tergolong tinggi, jauh lebih terang ketimbang BlackBerry² pendahulunya. Sementara objek² yang ditampilkan pun terlihat tajam. Alhasil Torch 9800 dapat bekerja dengan cukup sempurna di bawah terpaan mentari secara langsung. Lalu, didalamnya ada sensor accelerometer untuk melakukan rotasi layar secara otomatis. Gerak rebah berdirinya dapat dikontrol dengan mudah. Tak ada masalah pada fitur ini. Untuk memaksimalkan panggilan, ada sensor proximity yang gunanya meredupkan layar saat handset didekatkan ke daun telinga. Oh iya, dibagian kepala ada celah kecil sensor cahaya, yang fungsinya untuk menyesuaikan tingkat kontras layar dengan kondisi lingkungan sekitar.


SISTEM OPERASI yang dibenamkan pada BlackBerry Torch 9800 adalah BlackBerry OS versi 6.x dimana terdapat sedikit perubahan pada sisi visual interface. Secara umum, bisa dikatakan, konsep system operasi ini belum seinteraktif OS Android maupun iOS milik iPhone. Namun, walau begitu jika di-compare dengan BlackBerry OS sebelumnya (versi 5.x), fitur² di BB OS 6.x sudahlah jauh lebih sempurna. Fitur menarik yang dihadirkan BB OS 6.x adalah input multi-sentuh. Yupp, akhirnya modus ini bisa dinikmati juga di handset BlackBerry. Dan seperti ditemukan pada smartphone² lain, fitur ini sudah diintegrasikan pada aplikasi browser, image dan email.

INTERNET di hape ini sudah mendukung semua layanan akses internet cepat yang ada saat ini. Sementara jika Anda berada di area hotspot, WiFi berstandar b/g/n bisa diberdayakan. Bagaimana dengan fasilitas email? Sepertinya kita bisa sepakat jika BB masihlah yang terbaik untuk piranti selular.
BB Torch 9800 mengusung browser WebKit yang kinerjanya sudah menyerupai browser di Android. Dan seperti yang sudah dibahas sedikit di atas, Anda dapat melakukan modu multi-sentuh untuk melakukan perbesaran halaman situs. Melengkapi layanan online ini, Torch 9800 menyediakan aplikasi Social Feeds, aplikasi pengakses layanan pertemanan. Di Social Feeds ini semua layanan jejaring sosial dan instant messaging dikumpulkan dalam satu jendela. Anda cukup membuka aplikasi ini untuk melihat perubahan status Facebook, Twitter, BBM, dan Yahoo Messenger teman² Anda.

MUSIK player pada Torch 9800 sudah dibikin lebih interaktif. Sepintas aplikasi pemutar lagu ini sedikit mirip dengan aplikasi pemutar musik milik iPhone, dengan tampilan yang menonjolkan gambar album si penyanyi. Dan sebagai smartphone kelas atas, dukungan untuk bermusiknya sudah tergolong lengkap, yakni dengan hadirnya port audio standar 3,5 mm dan profil A2DP yang sudah mendukung stereo.

KAMERA 5 megapiksel di hape ini telah dilengkapi dengan lampu flash, auto focus, dan geo-tagging. Anda dapat melakukan pembidikan melalui tombol kamera yang menempel di bagian bodi sebelah kiri atau dengan memanfaatkan navigasi track pad. Sedangkan modus bidiknya menggunakan teknik dua tingkat. Tekan setengah untuk mendapatkan fokus, kemudian teruskan setengah lagi untuk mendapatkan gambar
BATERAI yang disematkan di hape ini, untuk pemakaian mode 3G, Torch 9800 dapat bertahan siaga hingga 14 hari, atau 5,8 jam jika Anda memakainya untuk bertelpon ria tanpa putus.
Bagaimana, tertarik untuk membeli BB Torch 9800? Sekian, semoga bermanfaat!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar